PASRAMAN GIRI KUSUMA BOGOR

http://pasramankami.blogspot.com/

  1. SEJARAH PASRAMAN GIRI KUSUMA BOGOR

Sejarah Pasraman Giri Kusuma Bogor tidak ditemukan arsip yang benar-benar akurat mengenai sejarahnya, untuk itu data yang diperoleh pun berdasar pada hasil wawancara yang dilakukan penulis iri dengan kepala Pasraman yaitu Ibu Luh Manik Andayani, S.Ag pada tanggal 9 Juni 2013 pukul 11.30 Wib, hasil wawancara mengenai sejarah Pasraman sebagai berikut :

Sejarah Pasraman Giri Kusuma Bogor tidak lepas dari latar belakang kenapa didirikannya pasraman, berawal sekitar  tahun 1972 yang mana umat Hindu di Bogor sebagian besar adalah perantau dar Bali, setelah menetap cukup lama maka memiliki anak yang bersekolah di sekolah umum, mereka dituntut untuk memiliki nilai agama. Karena tidak adanya guru agama di daerah bogor, maka umat secara swadaya melakukan pengajaran dirumah. Berawal dari sinilah sehingga pada akhirnya setelah Pura Giri Kusuma berdiri, banjar SDHD Bogor sepakat untuk membuat sebuah Pasraman sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan Agama Hindu. Pembangunan pun dimulai tahun 2006 hanya baru satu lantai, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan ke dua yaitu tahun 2007 untuk menjadikan pasraman dua lantai; lantai 2 ada tujuh ruangan. Enam ruangan dipakai sebagai kelas untuk siswa belajar dan satu ruangan sebagai ruang Tata Usaha. Jumlah siswa PAsraman Giri Kusuma tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 278 orang dan Pasraman Giri Kusuma sendiri berada di bawah naungan Yayasan Dharma Shanti Bogor.

  1.   Luas tanah  pasraman :
  2.   Luas bangunan pasraman :
  3.   Tempat parkir yang luasbisa menampung mobil dan sepeda motor
  4.  Alamat Pasraman :  Jalan Pawon Komplek Perumahan IPB IV RT 03/RW 05 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara,  Kota Bogor.
  5.  SatuGedung pasraman bertingkat yang terdiri dari berbagi ruangan sesuai dengan fungsinya, antara lain :
    a. Ruang 1 bawah  merupakan aula yang cukup luas dipakai sebagai tempat melakukan ekstrakurikuler siswa
  6. Ruang 2bawah merupakan tempat untuk menaruh buku maupun peralatan & perlengkapan ekstrakurikuler
  7. Ruang 3 atas  merupakan ruang Tata Usaha dan tempat Guru-guru lengkap dengan kotak P 3 K.
  8. Ruang 5 atas  merupakan ruang kelas 1-6 SD, karena Pasraman tersebut kekurangan kelas untuk belajar maka, kelas I-III SD dipakai juga sebagai kelas VII-IX SMP, begitu juga dengan kelas IV-VI dipakai juga sebagai kelas X-XII SMA, sehingga untuk minggu I & III digunakan oleh siswa SD dan untuk minggu ke II & IV dipakai oleh siswa SMP dan SMA.
  9.    Wc ada1, yang bisa digunakan oleh siswa putri maupun putra
  10. Kondisi lingkungan pasraman :
  11. Letaknya berada di pinggiran kota Bogor yang asri
  12. Jenis bangunan : permanen
  13. Berada ditengah – tengah perumahan IPB 4
  14. Tepat berada di sebelah Pura Giri Kusuma Bogor
  1.     Lokasi bisa dijangkau dengan mudah bisa menggunakan sepeda motor, mobil, dan bisa juga diakses dengan naik angkot Nomer 05 maupun 17.

Berikut adalah jadwal pelajaran Pasraman Giri Kusuma

Visi : Pasraman Giri Kusuma Berwawasan Sraddha dan Bhakti

Misi : Pasraman Giri Kusuma mendidik untuk menjadikan siswa-siswi Hindu yang Bertattwa, Bersusila dan Berwawasan Tri Hita Karana

Jadwal pelajaran Pasraman Giri Kusuma :

08.00-09.00 WIB : Persembahyangan di Pura Giri Kusuma

09.00-10.00 WIB : Pembelajaran Sesi I

10.00-10.20 WIB : Istirahat

10.20-11.00 WIB : Pembelajaran Sesi II

11.00-12.00 WIB : Kegiatan Pengembangan Diri

12.00 WIB           : Pulang

Kegiatan Pengembangan Diri di Pasraman Giri Kusuma Bogor

  1. Kegiatan Pengembangan Diri Yoga

Kegiatan pengembangan diri Yoga menjadi program unggulan karena `mengingat bahwa pentingnya kesehatan bagi peserta didik, bagaimanapun juga kesehatan memiliki peranan penting dalam sebuah pembelajaran. Fisik yang tidak sehat maka akan sangat berpengaruh pada pembelajaran siswa itu sendiri. Untuk itulah Yoga menjadi salah satu program unggulan, yang mana  kegiatan pengembangan diri Yoga diampu oleh salah satu guru yang sudah berpengalaman di bidangnya yaitu Bapak Agus Widodo mengajar Yoga untuk siswa SD dan I Made Wahyudi mengajar Yoga untuk anak SMP & SMA. Keberadaan  kegiatan pengembangan diri Yoga ini diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga salah satu tujuan pendidikan kita yang sering menjadi motto yaitu Men sana in corporisano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat) bisa terwujud.

  1. Kegiatan Pengembangan Diri Tari

Kegiatan pengembangan diri Tari termasuk salah satu dari program yang diunggulkan, sudah kita ketahui bersama bahwa Pasraman tidak hanya menjadi tempat bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan mengenai agama Hindu, namun pasraman juga menjadi tempat untuk memelihara warisan budaya Hindu itu sendiri yaitu tari-tarian. Ini diunggulkan karena mengingat dalam upacara Hindu sering pula menggunakan tari-tarian baik yang sifatnya sakral maupun profan, maka itu penting pula dilakukan regenerasi untuk melanjutkan tradisi ini. Guna semakin memantapkan kegiatan pengembangan diri ini maka Pasraman Giri Kusuma mendatangkan guru tari yang sudah profesional di bidangnya yaitu Gst. Ayu Nyoman Mas Puspadewi.  kegiatan pengembangan diriini diharapkan mampu mencetak anak-anak yang bisa tarian Hindu sehingga bisa dipentaskan atau dipergunakan ketika ada pujawali di Pura Giri Kusuma.

  1. Kegiatan Pengembangan Diri Mejejahitan

Sudah tidak asing lagi agama Hindu di Indonesia dalam mejalankan sebuah upacara keagamaannya menggunakan sarana yang terbuat dari janur dan sebagainya, berawal dari sini maka di Pasraman Giri Kusuma Bogor mengadakan kegiatan pengembangan diri Mejejahitan yang bertujuan memberikan bekal khususnya bagi siswi agar memiliki kemampuan untuk membuat sarana upacara, dan ini pun tidak lain bertujuan memberikan kemandirian nantinya dalam membuat banten  sebagai wujud rasa bhaktinya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.